banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Untuk Promosikan Program Pemda, Diskominfo Bangkep Jalin Kerjasama Dengan LPP-RRI Palu

banner 728x250

Bangkep, Banggaiplus.com – Untuk mensosialisasikan program pembangunan di berbagai sektor, Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai Kepulauan Sulteng, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) belum lama ini sepakat membangun kerjasama dengan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Palu.

Dikutip dari Antara News, Kepala Dinas Kominfo Bangkep Ratnasari Turungku, kerjasama yang terbangun dengan LPP- RI, Palu sebagai bentuk sinergitas terkait sosialisasi program kerja pemerintah daerah.

Target kerja sama itu tak lain untuk kepentingan publikasi dan promosi. Menurut Kadis Kominfo, banyak program pemerintah daerah yang harus terpublikasi, diantaranya Pemda Bangkep saat ini tengah memformulasikan program pemberdayaan masyarakat pesisir dengan memaksimalkan peningkatan SDM dan sarana penunjang, terkait pengelolaan sumber kemaritiman diantaranya sektor budidaya rumput laut dan perikanan. Termasuk mempromosikan potensi wisata alam dan bahari.

Karena memang wilayah Kabupaten Bangkep diketahui adalah wilayah maritim sehingga dua sektor itu menjadi program unggulan pemerintah, yang laik dipublish.

Sebagai langkah awal, pihak Diskominfo Bangkep, belum lama ini melakukan lawatan atau kunjungan ke kantor LPP-RRI, di Palu. Kunjungan tersebut sebagai langkah awal untuk menjajaki kerjasama di maksud

Diselah-selah kunjungannya, Ratnasari menuturkan, kepada wartawan yang dikutip dari Antara News, kedatangan pihaknya ke LPP-RI Palu, bertujuan untuk merealisasikan kerjasama dalam pengembangan sistem informasi, komunikasi dan publikasi program dan kegiatan pembangunan daerah. Khususnya menyebarluaskan potensi sumber daya alam dearah tersebut.

Dalam pertemuan dua pihak itu, materi pembahasan seputar strategi untuk memaksimalkan sistem komunikasi dan informasi melalui siaran radio berbasis digital, miliki pemerintah setempat yang pengelolaannya ditangani oleh Diskominfo Bangkep.

Karena pengelolaannya dinilai belum maksimal sehingga memilih LPP-RRI untuk bersinergi adalah pilihan yang tepat, sebagai solusi terbaik agar kelemahan informasi di Bangkep segera dibenahi.

“Pemda Bangkep dalam hal ini Diskominfo, punya sistem informasi berbasis radio. Namun operasionalnya belum sepenuhnya optimal. Sebab ada beberapa hal yang membuat kondisi seperti itu. Diantaranya selain ketersedian sumber daya manusianya, ada faktor penunjang utama dan hal itu sangat prinsipil yang perlu dilengkapi.faktor itu adalah izin operasional terkait legalitas frekwensi radio termasuk perangkat pendukung lainnya. Sehingga sokongan dari lembaga yang berkompeten sangat dibutuhkan. Jadi pilihan pemerintah daerah untuk bersinergi terkait pengembangan sistem komunikasi informasi, LPP-RI adalah pilihan yang tepat untuk menjadi mitra kerja,” tutur Ratna sari.

Sebab institusi penyiaran yang layak dan kredibel skala regional Sulteng adalah LPP-RI Palu. Bukan tanpa sebab sehingga Pemda Bangkep membangun kerjasama tersebut. Salah satu pertimbangannya adalah profesionalisme pengelolaanya.

Kepala LPP- RRI Palu, M Yusri Darto, dimomen pertemuan tersebut, menyatakan responsifnya, dengan memberikan sokongan dalam peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia, sebagai motor penggerak utama dalam pengelolaannya.

Selain itu juga selalu leader di institusi penyiaran atau RRI Palu, Yusri Darto juga menyampaikan kesediaan lembaga yang dipimpinnya, untuk menyebarluaskan informasi dan mempromosikan sumber kekayaan alam. Termasuk mempromosikan sektor pariwisata Bangkep seluruh segmen masyarakat baik dalam negeri dan bahkan luar negeri. Dengan format dan program siar yang dipunyai oleh lembaga penyiaran milik negara di region Sulteng di Palu. (*/bp-01)

error: Content is protected !!